free html hit counter

5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

Pesantren Tradisional

gambar sebuah masjid di daerah tropis di indonesia di dekat sebuah danau dekat pesantren

Muncul pertanyaan mengapa pesantren seringkali disebut sebagai lembaga tradisional yang ada di Indonesia?

Sudah menjadi soalan umum bahwa pesantren dan kata tradisional adalah pasangan kata yang sering muncul dari mulut dan mindset orang indonesia.
Tidak diragukan lagi bahwa pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di indonesia bahkan di dunia. Masih eksis dan mampu survive bertahan di setiap perkembangan zaman hingga sekarang.
Hingga sekarang pesantren seringkali disebut sebagai lembaga tradisional di Indonesia, padahal banyak pesantren yang sudah bertranformasi ke sistem pendidikan modern dengan menyediakan sekolah dan madrasah yang sudah terintregasi dengan sistem pendidikan nasional.
Bahkan pesantren modern terbesar di Indonesia seperti gontor yang sudah memiliki banyak cabang di seluruh penjuru Indonesia adalah model untuk pesantren modern di Indonesia.
Namun, Mengapa pesantren seringkali disebut sebagai lembaga tradisional yang ada di Indonesia?.
Setidaknya ada 5 alasan yang bisa saya kemukakan untuk pertanyaan tersebut di artikel kali ini di blog Ghoorib.

1. Karena Hadirnya Sistem Modern

Alasan logis dan paling kuat pesantren disebut sebgai lembaga tradisional adalah karena hadirnya sistem Modern.

Dengan hadirnya sistem pendidikan modern yang di padukan dari sistem pendidikan dunia barat, muncul-lah istilah tradisional untuk pesantren.

Pada awalnya pesantren tidak disebut sebagai lembaga tradisional. Namun, dewasa ini ketika sistem modern masuk ke indonesia akibat globalisasi dan modernisasi, muncul istilah bagi lembaga pendidikan yang menganut sistem modern tersebut sebagai lembaga modern.

Karena posisi pesantren yang sudah lebih duluan ada dan sudah sangat lama eksis di nusantara. Maka, disebutlah lembaga pesantren ini sebagai lembaga tradisional untuk membedakan dengan lembaga pendidikan modern yang baru.

Padahal, jika kita bicara isinya. Pendidikan modern tersebut adalah hasil dari pendidikan klasik yang dipengaruhi pemikiran-pemikiran manusia era globalisasi dan era digital.

2. Karena Sejarah

Karena sejarah lembaga pesantren tradisional di indonesia yang kita kenal adalah potrait dari pendidikan timur tengah masa klasik yang berbentuk halaqah, madrasah dan kuttab.

Lembaga pesantren di Indonesia sebagai lembaga pendidikan Islam tertua tidak lepas dari peran para ulama dan pedangang dari timur tengah dan gujarat yang membawa masuk islam pertama ke Nusantara melalui Aceh pada tahun 7 masehi.

BACA JUGA :  Pengertian Kafaah Dalam Pernikahan

Sebagaimana yang sudah saya sebut di poin nomor 1 di atas. Bahwa munculnya klasifikasi pesantren sebagai lembaga tradisional karena hadirnya lembaga pendidikan modern.

Modernisasi pendidikan khususnya pendidikan Islam, sejatinya sudah dimulai di Turki menjelang pertengahan abad ke-19, yang kemudia menyebar ke seluruh daerah kekuasaan turki utsmani termasuk sumatra dan nusantara.

Pada saat itu target modrnisasi bukan lembaga pendidikan yang sudah ada. Namun, dengan dibangunnya lembaga-lembaga pendidikan baru yang modern yang menyesuaikan dengan sistem pendidikan barat dan eropa. Untuk kepentingan reformasi dan birokrasi pemerintahan.

Pada tahun 1808 hingga tahun 1839 sultan mahmud II mengadakan pembaruan pendidikan dengan memperkenalkan sekolah Rusydiyah, yang sepenuhnya mengadopsi sistem pendidikan eropa.

Kemudian, pada tahtın 1846, Sultan Abd al-Majid membuat kebijakan yang memisahkan pendidikan Islam dengan pendidikan umum.

Madrasah Islam berada di bawah jurisdiksi Syaikh al-lslam, sedangkan sekolah umum dikelola di bawah tanggung jawab langsung pemerintah.

Terakhir pada tahun 1924, Mustafa kemal ataturk menghapus sistem pendidikan madrasah dengan mengubahnya menjadi sekolah umum.

3. Peran

Setidaknya ada dua peran pesantren yang paling menonjol. Peran perjuangan kemerdekaan indonesia dan peran penyebaran Islam.

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran pesantren. Para kiai dan santri di seluruh nusantara mengangkat parang, pedang dan bambu runcing untuk melawan senapan dan meriam penjajah. Katakanlah seperti Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Cut nyak Dhien, KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan dan masih banyak lagi.

Yang kedua adalah peran pesantren dalam penyebaran islam. Pesantren sejak dulu tidak hanya fokus dalam pendalaman ilmu agama Islam, namun juga dalam dakwah penyebaran Islam di Indonesia.

Lihat saja bagaimana kiprah para wali songo dan para santrinya dalam menyebarkan Islam ke seluruh pelosok nusantara, sehingga Islam bisa dirasakan dan dinikmati di seluruh Indonesia sampai sekarang.

Adakah peran lembaga pendidikan modern pada dua hal “Tradisional” yang saya sebut di atas?

4. Popularitas

Dalam melihat dari perspektif popularitas ada dua hal yang saya sorot di sini. Pertama kualitas dan kedua kuantitas.

Dari segi kualitas banyak bukti baik dari tokohnya maupun dari karyanya yang tidak mungkin kita sebutkan disini.

Dari segi kuantitas pesantren sudah sangat banyak di Indonesia. Kita ambil contoh saja di Aceh sebagai negeri 1001 pesantren atau dayah. Menurut data dari kemenag terdapat 879 pesantren salafiyah yang tradisional dan masih menggunakan sistem pembelajran tradisional di Aceh.

BACA JUGA :  Cara Membedakan Antara Mudzakkar dan Muannats Dalam Bahasa Arab
Gambar yang berisi data jumlah pesantren salafiyah atau pesantren tradisional di Aceh
Gambar data jumlah pesantren salafiyah di Aceh dari kemenag.
Itu masih yang terhitung. Masih ada pesantren-pesantren kecil yang tidak terhitung mungkin yang hanya memiliki 100 santri. Itu masih di Aceh saja, belum di hitung jumlah pesantren di seluruh Indonesia.

5. Ciri Khas dan Tradisi

Ciri Khas dan Tradisi pembelajaran di pesantren lah yang di anggap tradisional oleh kaum modernis. Karena pesantren masih meggunakan sistem pembelajaran yang sudah digunakan secara turun temurun dari masa Rasulullah SAW. Sistem pembelajaran tersenut sangat efektif dan berkualitas bagi santri di pesantren.

Secara tradisional ia digelar pondok pengajian atau halaqah, di Aceh kata Dayah lebih familiar di kalangan masyarakatnya, bahkan lebih tua dan lebih berperan penting dalam perjuangan agama islam dan kemerdekaan Indonesia dibandingkan dengan pesantren modern yang lahir setelahnya.

Dayah atau pesantren tradisional berkonsentrasi pada bidang pendidikan islam dengan panduan kitab-kitab turats (klasik) karangan ulama-ulama di masa lampau, sedangkan pesantren modern memadukannya dengan pendidikan umum di bawah naungan negeri sehingga nantinya dijuluki lagi dengan nama pesantren terpadu.

Check Also

Ghoorib.com | Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Fa’il (فَاعِلُ) secara bahasa adalah orang yang menanggung sebuah kelakuan, atau sering kita …

17 comments

  1. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I have not checked in here for a while as I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I’ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  2. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Great write-up, I am normal visitor of one?¦s site, maintain up the nice operate, and It is going to be a regular visitor for a lengthy time.

  3. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Yay google is my king assisted me to find this outstanding web site! .

  4. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Thanks for the marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you are a great author.I will remember to bookmark your blog and definitely will come back someday. I want to encourage yourself to continue your great job, have a nice day!

  5. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I’ve been surfing on-line greater than 3 hours as of late, but I by no means discovered any interesting article like yours. It’s beautiful price enough for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content material as you probably did, the net will likely be a lot more helpful than ever before. “We are not retreating – we are advancing in another Direction.” by Douglas MacArthur.

  6. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I’m extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a great blog like this one these days..

  7. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Loving the information on this site, you have done great job on the content.

  8. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    You have noted very interesting points! ps decent website . “Hares can gamble over the body of a dead lion.” by Publilius Syrus.

  9. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I genuinely enjoy looking through on this website , it has got superb articles. “I have a new philosophy. I’m only going to dread one day at a time.” by Charles M. Schulz.

  10. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Glad to be one of many visitants on this amazing site : D.

  11. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I regard something truly special in this website.

  12. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell someone!

  13. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    I genuinely enjoy looking at on this website , it has wonderful articles. “Dream no small dreams. They have no power to stir the souls of men.” by Victor Hugo.

  14. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    You are my intake, I possess few blogs and sometimes run out from to post .

  15. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    The crux of your writing whilst appearing reasonable at first, did not really sit very well with me after some time. Somewhere throughout the paragraphs you actually managed to make me a believer unfortunately only for a short while. I nevertheless have a problem with your jumps in logic and you would do nicely to fill in all those breaks. If you actually can accomplish that, I will surely be impressed.

  16. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    Good write-up, I’m normal visitor of one’s website, maintain up the nice operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

  17. Ghoorib.com | 5 Alasan Pesantren Disebut Lembaga Tradisional di Indonesia

    What Is Sugar Defender? Sugar Defender is a natural blood sugar support formula created by Tom Green. It is based on scientific breakthroughs and clinical studies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *