free html hit counter
Ghoorib.com | Bagaimana Caranya Mengatasi Kode QR WhatsApp yang Tidak Valid ?

Bagaimana Caranya Mengatasi Kode QR WhatsApp yang Tidak Valid ?

Beberapa pengguna WhatsApp mungkin saja pernah mengalami masalah saat memindai kode QR tidak valid. WhatsApp memiliki dua jenis kode QR yang mempunyai fungsi yang berbeda. Kode QR pertama dapat digunakan untuk menghubungkan akun WA dari ponsel ke perangkat lain melalui browser (WA web).

Sementara QR kedua merupakan kode profil akun WhatsApp yang memiliki fungsi untuk menambahkan kontak orang lain secara otomatis. Dengan cara itu, pengguna bisa menambahkan kontak orang lain tanpa perlu menyimpan nomor hp secara manual.

Masalah kode QR WhatsApp yang tidak valid biasanya akan terjadi saat pengguna ingin melakukan login akun WhatsApp dari ponsel ke WhatsApp Web yang terdapat di desktop. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa untuk melakukan login ke WhatsApp Web, pengguna perlu melakukan memindai kode QR WA yang tampil di layar desktop.

Masalah seperti ini tentu akan merepotkan pengguna. Sebab itu, pengguna perlu mengetahui cara beberapa cara mengatasi kode QR WA tidak valid. Lalu, bagaimana cara mengatasi kode QR WhatsApp yang tidak valid ? Jika pengguna ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak paduan di bawah ini.

Salah memindai kode QR yang terdapat di WhatsApp

Masalah kode QR WhatsApp tidak valid yang pertama adalah terdapat kesalahan dalam memindainya. Kode QR WhatsApp harus digunakan sesuai fungsinya. Perlu pengguna ketahui bahwa, WhatsApp memiliki dua jenis kode QR. Pertama, kode QR pada WhatsApp yang dapat digunakan untuk memindai ke WhatsApp web. Memindai kode QR tersebut dapat menggunakan kamera pada aplikasi WhatsApp di ponsel pengguna.

Lalu yang kedua, kode QR pada profil akun WhatsApp. Kode QR yang terdapat pada profil akun WhatsApp bukan digunakan untuk menautkan akun WhatsApp pengguna ke perangkat lain, kode QR ini berfungsi untuk menambahkan kontak secara otomatis. Dengan menggunakan kode QR profil akun WA, pengguna bisa menambahkan kontak orang lain tanpa perlu menyimpan nomor telepon secara manual.

BACA JUGA :  Cara Memasukkan Foto Ke Twibbon Tanpa Aplikasi, Tanpa Menambah Penyimpanan

Melakukan logout dari semua perangkat yang tertaut dan scan ulang

Cara mengatasi kode QR WhatsApp yang tidak valid berikutnya adalah dengan melakukan logout semua perangkat tertaut (linked device) melalui aplikasi WA yang terdapat di ponsel.

Caranya melakukan logout, cukup buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di ponsel lalu pilih menu pengaturan (iPhone) atau klik menu titik tiga, “terdapat di sisi pojok kanan atas” (Android) pilih perangkat tertaut lalu log out all devices.

Setelah itu, coba masuk kembali dengan memilih ops scan kode QR.

Perbesar gambar tampilan kode QR

Masalah gagal scan kode QR juga terjadi karena gambar barcode WhatsApp yang pecah. Pengguna bisa memperbesar gambar tampilan kode QR agar lebih mudah untuk memindai prosesnya.

Koneksi jaringan internet yang buruk

penyebab kode QR WhatsApp yang tidak valid adalah koneksi jaringan internet di perangkat desktop atau HP kurang bagus. Kondisi ini menyebabkan kode QR di WhatsApp Web tidak dapat digunakan dengan baik.

Melakukan restart aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi kode QR WA yang tidak valid yang selanjutnya adalah dengan melakukan restart aplikasi WhatsApp. Caranya cukup mudah dengan paksa henti aplikasi WhatsApp, dan stop menggunakan di latar belakang. Lalu jika sudah, buka kembali aplikasi WhatsAppnya.

Hapus cache yang terdapat di aplikasi WhatsApp

Setiap aplikasi memiliki cache atau sampah data sementara yang tersimpan. Jika suatu aplikasi memiliki banyak cache yang sangat menumpuk, aplikasi tersebut tidak akan bisa optimal. Dan aplikasi WhatsApp bisa mengalami gangguan seperti tidak bisa memindai kode QR secara normal.

Lalu supaya aplikasi WhatsApp dapat berjalan lancar, pengguna bisa menghapus cache. Untuk menghapus cache pengguna bisa membuka menu pengaturan aplikasi yang terdapat di ponsel pengguna, Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan pilih opsi “Hapus Data” atau “Clear Data”.

BACA JUGA :  Apa Itu Kuota Booster XL Combo Lite? Simak Dibawah ini Selengkapnya

Pengguna bisa menggunakan beberapa cara di atas, jika mengalami masalah kode QR WhatsApp yang tidak valid. Semoga dapat membantu.

Check Also

Ghoorib.com | Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Aplikasi WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi utama untuk percakapan pesan instan. Bukan hanya dapat …