free html hit counter

Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

Teruntuk kamu mahasiswa baru di seluruh tanah air, darimana dan dimana pun kamu berada dan dari jalur manapun kamu lulus baik itu SNMPTN, SPAN PTKIN, UMPTN, UMPTKIN atau jalur lainnya.
Saya harap kamu melakukan tips-tips ini agar kamu menjadi sarjana yang sukses nantinya. Saran dan kiat di artikel kali ini akan sangat menentukan proses kamu untuk memulai sebagai mahasiswa baru di dunia perkuliahan.
Untuk menjadi sarjana sukses di masa depan, kamu harus pahami terlebih dahulu arti sukses bagi diri kamu.
Arti sukses tidak ditentukan oleh orang lain, kamu bisa meneladani tokoh-tokoh sukses dengan segenap pencapaian mereka, akan tetapi arti sukses ada dalam diri kamu masing-masing, karena arti sukses bagi tiap orang berbeda-beda.
Tips-tips berikut ini bukan ocehan semata, karena ini bersasarkan pengalaman dan pengamatan saya sebagai mahasiswa semester 7.
Diantara tips-tips ini ada yang tidak saya lakukan dan tidak bisa saya lakukan lagi dan saya merasa sangat menyesal. Semoga kamu mahasiswa baru tidak akan menjadi orang yang menyesal karena telah menjalani kuliah sebagai mahasiswa dengan baik dan sempurna.

Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

Berikut tips-tips bagi kamu mahasiswa baru agar kuliah kamu sukses.
Niat adalah menentukan maksud tertentu di dalam hati. Niat, qasad dan maksud adalah hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan suatu perkara.
Terkadang orang sering menyepelekan niat, padahal niat adalah ‘sistem’ dibalik layar atas semua yang kamu lakukan. Kamu harus memastikan niat kamu sudah baik dan benar, karena Karena Rasulullah SAW pernah bersabda :

Setiap amal perbuatan harus disertai niat, setiap orang mendapat balasan amal sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu menuju Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang berhijrah karena dunia yang ia harapkan atau karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya itu menuju apa yang ia inginkan. (H.R Bukhari dan Muslim)

Di dalam hadist ini asbabul wurudnya berlatar belakang tentang hijrah namun bisa diqiyaskan kepada hal-hal baik lainnya termasuk belajar atau kuliah.
Niat yang baik akan menentukan hasil yang baik sedangkan niat yang buruk akan menghasilkan hasil yang buruk. Jika tak berniat gak dapat apa-apa :D.

Cara niat yang baik

Intinya kamu harus berniat dengan baik dan tulus. Ciri-ciri niat yang baik adalah berniat karena Allah SWT, selebihnya iringi dengan niat kepada hal-hal yang baik sesuai yang kamu inginkan.
Misalnya, belajar untuk menghilangkan kebodohan, belajar untuk sukses sehingga bisa membahagiakan kedua orang tua, berniat belajar untuk mengambil peran dalam kejayaan islam dan memberi impact bagi seluruh ummat manusia, dan lain-lain, kamu bebas menentukan niat baik kamu karena niat orang berbeda-beda.

Pentingnya niat secara psikologis

Dan kamu harus yakin apa yang kamu niatkan akan tercapai dengan cara yang terbaik. Alasan psikologis mengapa niat itu sangat penting adalah ia bekerja di alam bawah sadar kamu.
Percaya tidak percaya, banyak studi, penelitian dan pembuktian yang telah dilakukan bahwa alam akan bekerja untuk mencapai apa yang kamu niatkan.

#2 Mencari Pembimbing atau Mentor

Pada dasarnya setiap mahasiswa baru yang masuk universitas akan mendapatkan Pembimbing Akademik (PA) yang akan membimbing mahasiswa dalam hal akademis termasuk untuk menandatangani Kartu Hasil Studi (KHS) di setiap semester.
Pembimbing Akademik (PA) adalah dosen dari jurusan kamu, PA akan membantu kamu menentukan dan memanage jadwal dan matakuliah dengan benar. Seorang akan membimbing sekelompok atau lebih mahasiswa, artinya PA tidak hanya membimbing kamu seorang diri dalam hal akademis.
Berbeda dengan pembimbing atau mentor yang kamu pilih dan inginkan secara pribadi untuk membantu kamu membimbing dan menasehati dalam hal akademis perkuliahan ataupun dalam hal-hal yang mendalam seperti mengadu, curhat, berkeluh kesah serta mencari solusi terhadap masalah-masalah yang akan kamu hadapi selama menjadi mahasiswa.
Intinya kamu akan sangat memerlukan seorang dosen mentor, jika kamu pernah mengikuti seminar bersama kak @sherly annavita kamu pasti tahu seberapa penting mentor dalam hidup kamu, termasuk dalam dunia perkuliahan.

Cara memilih pembimbing atau mentor

Maka, bagi kamu mahasiswa baru sangat disarankan untuk mencari seorang dosen untuk menjadi mentor dan pembimbing kamu secara personal dan pribadi, kamu tidak harus mencarinya setiba hari pertama di kampus, kamu bisa meminta dosen tersebut setelah beberapa bulan perkuliahan atau paling telat setelah satu semester.
Yang perlu kamu lakukan sebagai mahasiswa baru dalam mencari mentor atau pembimbing adalah melakukan observasi atau pengamatan artinya kamu liat-liat dulu mana dosen yang memang bisa dimintai untuk dibimbing atau mana dosen yang memang baik dan tulus yang bukan hanya menjadi mentor dan pembimbing tetapi lebih dari itu, yaitu menjadi orang tua kamu di kuliah.
Biasanya dosen senior, tetapi tidak menutup kemungkinan ada dosen muda yang cocok dan bagus untuk dijadikan mentor.
Kamu tidak harus memilih dosen dengan gelar dan pencapaian akademis yang tinggi untuk menjadi mentor, bisa jadi ia sibuk dan tidak sempat mengurusi kamu, carilah dosen yang memang menjiwai sebagai seorang dosen, sabar, tulus dan baik hati dalam menghadapi mahasiswa.
Kamu bisa juga dengan memilih dosen dari daerah kamu untuk menjadi mentor, tapi itu kembali kepada pribadi kamu.
Memangnya ada dosen yang jahat? Bisa jadi, tapi saya yakin semua dosen itu baik tetapi menurut kadarnya, karena ada dosen yang hanya menganggap menjadi dosen sebagai sebuah pekerjaan dan karir dan adapula dosen yang memang menjiwai, kamu akan jelas melihatnya setelah paling tidak satu semester di kampus.

Cara memperlakukan seorang dosen mentor

Datangi dan mintalah dosen yang akan kamu jadikan mentor secara baik-baik, jika ia menolak atau dalam kesibukan tertentu jangan memaksa, kamu bisa mencari dosen lain yang memungkinkan untu kamu jadikan mentor.
Setelah menjadi mentor, sering seringlah bertemu guna mendiskusikan perihal akdemis, meminta nasihat, curhat, atau sekedar sharing dan menanyakan kabar.
Ini akan mempererat hubungan kamu dengan beliau. Jika kamu melihat beliau kesusahan dalam satu tugas, tawarkan diri ubtuk membantu, jika sakit jenguklah dan ketika lebaran bersilaturrahmilah ke rumahnya.
Dan jika kamu telah lulus jangan putuskan hubungan dengannya karena ia telah berjasa dalam proses kamu dari seorang mahasiswa baru hingga menjadi sarjana sukses.
Bukannya orang tua kandung sudah cukup jadi mentor dan pembimbing selama kuliah? Jawabannya tidak, dosen mentor akan lebih spesifik membimbing kamu dalam perkuliahan dimana orang tua kandung kamu tidak paham soal itu.

#3 Berorganisasi

Ini adalah hal yang paling saya sesali dan tidak bisa saya lakukan lagi dengan beberapa alasan, untuk kamu mahasiswa baru sangat penting untuk berorganisasi, sekecil apapun organisasi itu, setidaknya masuklah satu organisasi dikampus dan mengabdi lah disana, biasanya organisasi-organisasi di kampus baik tingkat jurusan, fakultas maupun tingkat universitas akan dibuka sesaat setelah mahasiswa baru masuk artinya tidak lama setelah mahasiswa baru masuk kampus, mereka merekrut anggota baru.
Bergabunglah secepatnya dalam sebuah organisasi yang sesuai dengan minat dan passion yang ingin kamu tingkatkan, semakin telat kamu berorganisasi semakin sedikit pengalaman dan peluang yang kamu miliki.

Pentingnya berorganisasi

Mau atau tidak mau kamu sangat harus memaksakan diri berorganisasi karena di organisasi tingkat kampus kamu akan belajar menjadi dewasa dengan pengalaman-pengalaman sosial yang sangat tinggi, pelajaran yang kamu dapat setelah berorganisasi akan sangat berguna di kehidupan luar kamu kelak, disamping mendapat teman dan membangun relasi.
Untuk kamu yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri atau ingin melanjutkan dengan beasiswa, pengalaman dan surat bukti berorganisasi sangan penting dan harus dimasukkan ke dalam Curriculum Vite (CV) kamu. (CV) yang bagus akan sangat menentukan kamu diterima atau tidaknya suatu beasiswa atau pekerjaan.

#4 Perencanaan Yang Matang

Biasanya setiap mahasiswa baru akan mendapatkan buku panduan akademik yang menjelaskan rencana perkuliahan dari semester 1 sampai dengan semester 7.
Dari buku panduan tersebut rencanakanlah berapa kredit dan nilai yang harus kamu capai agar kuliah kamu selesai tepat waktu, untuk semester pertama mata kuliah dan jumlah sks ditetapkan otomatis oleh sistem kampus, untuk seterusnya kamu harus melakukan sesuai yang sudah kamu rencanakan.
Jumlah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada satu semester akan menentukan jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) dan mata kuliah di semester selanjutnya yang akan kamu ambil, jika kamu malas dan sering bolos nilai kamu akan anjlok dan berefek pada lamanya kamu selesai kukiah.

Ingat di dunia perkuliahan kamu tidak hanya harus cerdas, yang terpenting adalah rajin dan cekatan. Buatlah rencana bulanan, semesteran dan tahunan. Dan tulislah 100 goals (tujuan) yang ingin kamu capai !.

#5 Pemetaan Materi Perkuliahan

Pemetaan materi kuliah sangat berguna bagi kamu baik ketika proses kuliah maupun setelahnya. Baik itu dalam bentuk hard (hard mapping) atau soft (soft mapping).

Hard mapping

pemetaan materi dalam bentuk keras seperti membukukan materi satu semseter kedalam satu buku besar atau dijilid, sehingga kamu akan memiliki 7 jilid setelah kuliah masing-masing jilid akan berisi ilmu tertulis yang telag kamu pelajari selama satu semester.
Dalam satu jilid kamu petakan lagi sesuai matakuliah pada semester tersebut, begitu salnjutnya. Tips ini akan memudahkan kamu di kemudian hari jika harus melihat kembali catatan dan materi kuliah kamu, kan sekarang semuanya online dan digital?
Menulis sangat penting permanen fungsinya sedangkan yang digital mungkin akan terhapus atatu kamu lupa sandi sehingga tidak bisa mengaksesnya.

Ilmu itu buruan, tulisan tali atau pengikatnya, ikatlah buruan kamu agar tidak lepas.


Soft mapping

Soft mapping atau pemetaan di perangkat lunak juga penting ketika kamu membutuhkan secara portable baik itu di laptop maupun di smartphone.
Buatlah file atau folder setiap satu semester dan dalam folder satu semester buat juga file matakuliahnya sehingga suatu waktu kamu membutuhkannya di kemudian hari kamu mudah mencari dan menemukannya karena file kamu jelas letaknya dimana dan tidak bercampur aduk.

#6 Mengikuti Acara Dan Event

Kamu sangat perlu mengikuti acara-acara atau event diluar jam perkuliahan untuk menguji skill di tingkat yang lebih tinggi, atau hanya menjadi peserta untuk mencari teman baru dan pengalaman baru, dan jika ada seminar-seminar berkualita ikutilah untuk mendapatkan ilmu baru serta ide dan motivasi baru yang tidak kamu dapati di kelas.
Disamping mendapat penghargaan dan sertifikat dari acara atau event tersebut. Sertifikat akan sangat berguna sebagai bukti keaktifan kamu baik untuk beasiswa atau melamar pekerjaan. Intinya jangan menjadi mahasiswa yang pasif.

#7 Kerja Sampingan

Apapun latar belakang ekonomi kamu, kamu harus mencoba tips terakhir ini terlebih bagi kamu dengan latar belakang ekonomi rata-rata atau dibawah rata-rata seperti saya.
Disamping untuk menambah uang saku dan meringankan beban iuran semester, dengan kamu bekerja sampingan kamu akan mendapat pengalaman baru yang sangat berharga dalam kehidupan kamu kelak dan mempelajari sisi lain kehidupan yang tidak kamu pelajari di ruangan.

Cara memilih pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Kamu harus jeli dalam memilih pekerjaan sampingan, ambillah pekerjaan yang ringan dan tidak menghambat perkuliahan kamu, pekerjaan tersebut harus sesuai dengan passion dan minat kamu sehingga kamu dengan senang hati mengerjakannya.
Pekerjaan sampingan tidak boleh sampai mengaggu hal utama kamu yaitu kuliah, maka ambillah pekerjaan yang tidak mengikat kontrak, bisa shift (berganti jadwal), jam kerjanya tidak setiap hari, dan kamu bisa berhenti kapan saja.
Banyak kerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk kamu mahasiswa baru seperti bekerja di photo copy, ngeblog, menjadi admin toko, jualan online dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Tips-tips umum dan dasar ini sangat berguna untuk kamu mahasiswa baru. Mulai dari niat yang baik dan benar, memilih pembimbing atau mentor, berorganisasi, membuat perencanaan yang matang, pemetaan materi perkuliahan, mengikuti acara dan event dan bekerja sampingan untuk menambah penghasilan tambahan dan meringankan beban biaya perkuliahan, semoga bermanfaat.
Jika berguna dan bermanfaat bagikan artikel ini untuk teman-teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Terimakasih.
BACA JUGA :  Pengertian dan Pembagian Kalam Dalam Ilmu Nahwu

Check Also

Ghoorib.com | Strategi Trading Forex untuk Pemula: Tips dan Trik

Strategi Trading Forex untuk Pemula: Tips dan Trik

Strategi Trading Forex untuk Pemula – Sudahkah kalian mendengar tentang kesempatan emas yang ditawarkan oleh …

11 comments

  1. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    fantastic points altogether, you simply won a brand new reader. What might you recommend about your publish that you just made a few days in the past? Any positive?

  2. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

  3. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    I’ve recently started a blog, the information you offer on this website has helped me greatly. Thank you for all of your time & work. “Character is much easier kept than recovered.” by Thomas Paine.

  4. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    Whats up this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

  5. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    I like this weblog so much, bookmarked.

  6. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    I like this site so much, saved to my bookmarks.

  7. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    Hi, Neat post. There is a problem with your website in internet explorer, would check this… IE still is the market leader and a good portion of people will miss your fantastic writing due to this problem.

  8. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    Greetings! I’ve been following your weblog for some time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Porter Tx! Just wanted to mention keep up the fantastic job!

  9. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    It is truly a nice and helpful piece of information. I am satisfied that you shared this useful information with us. Please stay us up to date like this. Thanks for sharing.

  10. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    What Is Sugar Defender? Sugar Defender is a natural blood sugar support formula created by Tom Green. It is based on scientific breakthroughs and clinical studies.

  11. Ghoorib.com | Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses

    I’ll right away snatch your rss as I can’t in finding your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any? Please permit me know in order that I could subscribe. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *