free html hit counter

Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

Assalamu’alaikum teman-teman, membeli buku sudah menjadi kebutuhan banyak orang sejak lama, selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, membaca buku juga sangat bermanfaat sebagai terapi otak dan sangat dianjurkan.

Pada jaman modern sekarang, banyak situs dan jasa penyedia buku elektronik (e-book) ataupun audio book yang berlomba-lomba mendigitalisasi buku dengan alasan memudahkan dan portble.
Namun, minat orang-orang untuk membaca buku yang dicetak langsung tidak berkurang.
Salahsatu alasan untuk tetap membaca buku yang dicetak daripada buku elektronik adalah untuk menjaga kesehatan mata.
membaca buku adalah kegiatan yang tidak sebentar, berlama-lama membaca buku elektronik di gadget akan memaksa mata bekerja ekstra, ketika hal ini dilakuakan terus menerus akan mengakibatkan gangguan kesehatan mata.
Kan masih bisa pakai audiobook? Iya audiobook bagus, namun itu merupakan kegiatan mendengar bukan melihat.
Membaca buku dengan mendengar orang lain yang membaca adalah sesuatu yang berbeda.
Dulu, sebelum muncul toko-toko online di berbagai marketplace, kita biasanya membeli buku dengan mengunjungi toko buku dan mencari buku yang kita inginkan.
Jika kita tidak menemukan buku yang kita inginkan maka kita akan beranjak ke toko buku sebelah atau toko buku lain.
Sekarang setelah muncul toko-toko online di berbagai macam marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, blibli.com dan lain-lain.
Cara kita membeli buku berubah total dengan cepat dan efesien tentunya. Bahkan, toko-toko buku non-online sudah banyak yang menjual buku-buku mereka di marketplace-marketplace yang sudah saya sebutkan tadi. Penjualannya meningkat, karena menjangkau seluruh wilayah.
Daftar Isi

Memilih marketplace

Ada banyak marketplace online yang menyediakan jual-beli buku secara online. Marketplace seperti Tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, blibli.com adalah mall online yang sangat besar yang di dalamnya ada toko-toko yang berjualan online pula.

Barang dagangannya pun bermacam-macam dari tissue dampai perangkat komputer atau laptop yang berharga puluhan juta.
Marketplace menjadi penengah antara pembeli dan penjual di saluran online. Sehingga kita sebagai pembeli harus pandai dalam memilih, mana marketplace yang memenuhi kriteria kita dan berkualitas.
Kita perlu memperhatikan bagaimana pihak marketplace menjaga keamanan dan kenyamanan pembeli dari mulai transaksi hingga barang sampai ke tangan kita.
Disini saya tidak mengunggulkan mana marketplace yang bagus atau tidak, karena hal ini tergantung pengalaman kamu masing-masing nyamannya beli dimana.
Adakalanya, buku yang kita inginkan tidak tersedia di suatu marketplace, bisa saja ada di marketplace sebelah.
Memilih marketplace yang tepat adalah hal yang harus kamu lakukan sebelum membeli buku yang kamu inginkan.
Karena setiap marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung kebutuhan kamu.

Prioritas dan hati-hati

Ketika kamu buka website atau aplikasi jual-beli online kamu akan ‘terhisap’ untuk membeli barang-barang yang mereka sodorkan.

Website atau aplikasi tersebut memang dirancang sedemikian rupa mulai dari tampilan, navigasi, dan menu yang rapi hingga pemilihan warna yang menarik agar kamu betah dan tidak beralih ke website atau aplikasi lain.
Kamu harus memprioritaskan dulu ni, mana buku yang akan kamu beli, karena di situs jual beli online semua buku terlihat bagus dan layak dibeli.
Foto produknya memang cantik dan bagus untuk meyakinkan kamu. Tentukan prioritas agar kamu tidak menghambur-hamburkan uang untuk membeli buku yang tidak menjadi kebutuhan kamu.
Hati-hatilah dan tidak terburu-buru dalam membeli buku online, baik itu buku novel, buku pelajaran maupun buku-buku yang lain. Agar kamu tidak terbuai oleh iklan-iklan dan tawaran-tawaran yang sedikit ‘memaksa’ di situs online.

Cek profil penulis

Ketika kamu memerlukan buku dengan kategori dan tema tertentu kamu bisa melakukan pencarian di situs online.

BACA JUGA :  Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Kuliah Sukses
Kamu akan melihat banyak buku-buku yang tersedia. Ceklah siapa penulisnya, supaya kamu bisa mendapatkan buku yang berkualitas, bukan buku abal-abal.
Menegcek siapa penulisnya sangat penting, karena tipe penulis berbeda-beda dalam menyampaikan bahasa yang sesuai untuk kamu.
Penulis yang agus akan mengahasilkan tulisan yang bagus pula dan akan memberi pengetahuan yang bagus juga untuk pembacanya.
Penulis terkenal belum tentu bagus bagi setiap orang, sehingga tolak ukur disini bukan terkenal tidaknya penulis tersebut, akan tetapi bagus atau tidaknya penulis tersebut.
Cek singkat profil penulis buku yang akan kamu beli, apakah sesuai dengan ideologi kamu? Apakah sesuai dengan gaya bahasa yang kamu pahami? dan sebagainya.
Melihat buku hanya dari judul dan cover sangat tidak dianjurkan, karena judul dan cover tidak mewakili isi sepenuhnya.
Contoh kasus, seseorang melihat buku dengan judul keren dan cover yang bagus dengan tema romantis dan dia tidak ngecek siapa penulisnya.
Ketika sampai buku di tangannya ternyata penulisnya adalah penulis luar negeri dan buku tersebut diterjemahkan kurang tepat kedalam bahasa Indonesia.
Alhasil buku yang dibacanya tidak ia pahami dan tidak ia pahami pula maksud dan tujuan buku tersebut.

Cek integritas penjual

Selain mengecek profil dan integritas penulis kamu juga mesti memperhatikan integritas penjual online.

Di suatu marketplace atau situs jual-beli online, mereka punya label tingkat kualitas penjual yang dinilai dari segi jangka waktu berjualan, pengikut, jumlah produk, ulasan dan komentar, tingkat kepuasan, kecepatan, dan respon. Hal-hal inilah yang membedakan tingakat penjual.
Toko yang menjual barang original atau penjualnya langsung brand pemilik barang, akan ditandai dengan label-label tertentu, di blibli dan tokopedia dilabeli dengan official store, di shopee dilabeli dengan shopee mall, di bukalapak dilabeli dengan mall, di lazada dilabeli dengan lazmall.
Membeli buku ataupun barang lain dari toko-toko yang berlabel tersebut punya penawaran langsung dari brand barang yang kita beli, seperti pengembalian barang jika barang rusak.
Dibawah tingkat label official store atau mall, ada toko-toko online yang direkomendasi dan mendapat label khusus dari marketplace, karena integritasnya yang dinilai dengan kriteria tertentu seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
Penjual yang sudah memenuhi kriteria bagus sesuai penilaian dari suatu situs jual-beli online, biasanya dilabeli dengan label tertentu, di shopee dilabeli dengan starseller, di tokopedia di labeli dengan logo diamond karena telah mencapai 50.000 hingga 500.000 poin, di bukalapak ditandai dengan superseller, dan seterusnya.

Pertimbangkan ulasan pembeli lain

Biasakan melihat ulasan atau pendapat pembeli lain yang sudah duluan membeli buku tersebut.

Buku yang layak dibeli di situs jual-beli online adalah buku dengan komentar positif terbanyak, dan rating bintang 4 ke atas.
Ulasan atau pendapat dari pembeli lain yang sudah duluan membeli akan menjadi referensi atau pertimbangan kamu sebelum membeli sebuah buku.
Hindarilah buku-buku yang memiliki rating rendah dan komentar negatif dari pembeli lain.
Ulasan dari pembeli lain adalah pendapat jujur atau fakta lapangan yang langsung dialami oleh pembeli lain.
Di dalam ulasan bisa terdapat penilaian dari produk itu sendiri maupun penilaian tentang pengemasan juga.
Bisa saja penilaian dan pendapat terhadap jasa pengiriman. Intinya ulasan akan mejadi referensi nyata bagi kamu sebelum membeli sebuah buku.

Belilah 2-3 buku sekaligus di toko yang sama

Kenapa harus membeli 2-3 buku sekaligus? karena berpengaruh di ongkir (ongkos pengiriman), setiap ongkir dihitung per kilogram.

BACA JUGA :  Rahasia Jualan Untung: Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda
Satu buku dengan berat contohnya 0,5 kg ongkirnya tetap dihitung 1 kg. Maka, jika 2-3 buku masih dibawah 1 kg, kenapa tidak membeli sekaligus daripada membeli pisah? Ini akan memakan ongkir yang mahal.
Contoh kasus, bulan ini anda membeli buku dengan harga 50.000 dengan ongkir 20.000/kg, maka total sekali pembelian kamu adalah 70.000.
Seminggu setelahnya kamu beli lagi buku dengan harga 55.000 ongkirnya 20.000 maka total pembeliannya adalah 75.000.
Jika saja kamu membeli 2 buku tersebut di waktu dan toko yang sama, harga ongkir yang kamu keluarkan akan tetap 20.000, karena 2 buku tersebut masih dibawah 1 kg. Dari sini kamu sudah menghemat ongkir sebesar 20.000.
Belilah 2-3 buku sekaligus di toko yang sama, karena jika kamu membeli beberapa buku di toko yang berbeda ongkirnya dihitung terpisah, dan masing-masing buku dikenai biaya ongkir.
Saran, carilah toko buku yang memiliki produk paling banyak biar kamu bebas memilih buku yang kamu inginkan.
gambar orang mendorong troli dengan background gradasi biru yang bagus

Memilih jasa pengiriman dan lokasi

Pilihlah pengiriman yang kamu anggap bagus yang memiliki pelayanan yang bagus pula.

Jasa pengiriman abal-abal bisa saja tidak berhasil mengirim buku yang kamu beli atau buku yang sampai ke kamu rusak, lecet, basah dan sebagainya.
Pilih juga jasa pengiriman yang menwarkan harga murah dan cepat namun berkualitas.
Tiap lokasi pengiriman punya ongkir berbeda-beda tergantung jauhnya pengiriman, jika lokasi rumah kamu atau alamat pengiriman kamu tidak jauh dari kantor pengiriman, lebih baik kamu ambil sendiri langsung ke kantor jasa pengiriman untuk menghemat biaya ongkir. Atau bisa titipkan di rumah kawan kamu yang dekat dengan kantor pengiriman.

Manfaatkan promo, voucher dan poin

Setiap harinya, situs-situs atau aplikasi jual-beli online menawarkan promo menarik, gunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan buku dengan harga murah.

Saat checkout pembelian, gunakan voucher potongan harga atau gratis biaya pengiriman baik dari marketplace atau dari toko online tempat kamu membeli buku.
Setiap pembelian kamu akan mendapatkan poin atau koin yang bisa kamu tukarkan atau untuk memangkas biaya pembelian selanjutnya.
Kumpulkan poin dan koin dan gunakan saat checkout buku yang kamu beli agar harganya lebih murah.

Kesimpulan

Kamu sebagai pembeli harus cerdas dalam membeli terutama dalam hal jual-beli online, agar buku atau produk yang kamu beli adalah produk yang bekualitas dengan harga terjangkau.

Hati-hatilah dalam membeli barang online, perhatikan dan lakukan tips dan trik yang telah saya uraikan di artikel ini, untuk membantu kamu dalam membeli buku secara online.
Kamu harus bisa memilih dan memilah, mana buku dan penjual yang baik, supaya kamu tidak tertipu dengan iming-iming dan penawaran palsu juga iklan-iklan yang tidak terbukti kebenarannya.

Check Also

Ghoorib.com | Strategi Trading Forex untuk Pemula: Tips dan Trik

Strategi Trading Forex untuk Pemula: Tips dan Trik

Strategi Trading Forex untuk Pemula – Sudahkah kalian mendengar tentang kesempatan emas yang ditawarkan oleh …

9 comments

  1. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    I’m really impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one these days..

  2. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    Attractive portion of content. I simply stumbled upon your site and in accession capital to claim that I acquire in fact loved account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your feeds or even I fulfillment you get right of entry to constantly fast.

  3. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    There is noticeably a bundle to find out about this. I assume you made certain good factors in features also.

  4. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    Hi my family member! I want to say that this post is amazing, nice written and come with almost all vital infos. I’d like to look extra posts like this.

  5. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    I have been surfing online greater than 3 hours nowadays, but I by no means discovered any attention-grabbing article like yours. It is lovely worth sufficient for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content as you did, the net will probably be much more useful than ever before.

  6. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    Excellent post however , I was wondering if you could write a litte more on this topic? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit further. Appreciate it!

  7. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    You made some decent points there. I seemed on the internet for the difficulty and found most people will go together with with your website.

  8. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    What Is FitSpresso? It is a nutritional formula that is produced by the Natures Formulas.

  9. Ghoorib.com | Tips dan Trik Membeli Buku Online Biar Murah dan Berkualitas

    Hello, Neat post. There is a problem together with your site in web explorer, may check thisK IE nonetheless is the marketplace chief and a huge section of folks will omit your magnificent writing because of this problem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *