free html hit counter
Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

 

ghoorib.com |Artikel ini menyajikan contoh teks ceramah singkat tentang Istikhamet. Topik ini sengaja diangkat mengingat pentingnya bisa berjalan di jalan Allah. Ini skrip lengkapnya.

Ceramah Singkat tentang Istiqamah

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

 إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ

لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Alhamdulillah. Hadirin, mari sama sama kita bersyukur atas rahmat tidak terhingga yang telah Allah berikan. Dan mari kita bershalawat kepada baginda Muhammad, dengan melafadzkan allahumma shalli ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Semoga Allah memberkati Anda pada kesempatan yang baik ini dan saya akan memberikan ceramah singkat tentang Istiqama. Istiqama adalah salah satu hal yang paling penting bagi setiap manusia. Istiqama adalah salah satu topik yang paling sering ditanyakan oleh para santri dan guru serta ulama yang berilmu Syarii. Karena pentingnya diskusi ini banyak instruktur kami membahasnya berkali-kali di setiap forum mereka. Dalam QS. Allah berfirman dalam Fushshilat ayat 31 dan 32:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ.

نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنْفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ. نُزُلًا مِنْ غَفُورٍ رَحِيمٍ.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, ‘Tuhan kami adalah Allah.’ Kemudian mereka istiqamah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, ‘Janganlah kalian takut dan janganlah merasa sedih, dan bergembiralah dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepada kalian. Kami adalah pelindung-pelindung kalian dalam kehidupan dunia dan akhirat, di dalamnya kalian memperoleh apa yang kalian inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kalian minta. Sebagai hidangan (bagi kalian) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Q.S. Fushshilat: 30-32).

BACA JUGA :  Dialog Bahasa Arab tentang Pendidikan dengan Terjemahan ke Bahasa Indonesia

Saat kita mengikuti jalan Tuhan sesuai dengan petunjuknya kita akan mendapatkan hadiah terbaik dari Tuhan yaitu kebahagiaan hidup. Baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu kita akan menjadi orang yang beruntung. Artinya kita mencari kebahagiaan di dunia ini dan kemudian kita harus setia. Kegigihan adalah tentang mempelajarinya dan kemudian mempraktikkan apa yang telah kita pelajari sejauh ini untuk menyadari validitas ketekunan dalam apa yang kita lakukan.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah.

Istikama bukanlah tugas yang mudah. Karena jika kita berusaha kita akan menghadapi banyak cobaan. Apakah pencobaan ada di dalam diri kita atau dari luar? Karena kesulitan Istikama jika kita menjadi orang Istikama kita akan menuai banyak manfaat dari Allah di akhirat. Kita juga tidak asing lagi dengan ungkapan bahwa berbuat baik sedikit lebih baik daripada berbuat baik banyak tetapi istikama. ya benar? Dan Allah menghendakinya.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Saking inginnya menjadi salah satu orang yang istiqamah, kita pasti bertanya tanya dan kerap penasaran sebenarnya bagaimana, atau apa saja sih cara yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi orang yang istiqamah? Dan ternyata, hal ini pun sudah dibahas di dalam al-Quran dan juga sunnah. Adapun cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memahami, kemudian mengamalkan dua kalimat syahadat dengan baik dan juga benar. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam QS. Ibrahim ayat 27. Di sana terdapat kalimat ‘ucapan yang teguh’.

Adapun maksud dari kalimat tersebut adalah kalimat syahadat. Itu artinya, Allah akan meneguhkan orang yang beriman, yang selalu berusaha memahami, dan juga mengamalkannya. Cara kedua adalah dengan membaca dan juga menghayati dan merenungi ayat ayat Allah. Cara ketiga adalah dengan berkumpul dan juga bergaul dengan orang orang yang shaleh. Tidak bisa kita pungkiri, bahwasanya teman juga berpengaruh terhadap keistiqamahan kita. Maka dari itu, pilihlah teman-teman yang dengannya anda bisa lebih istiqamah mendekatkan diri kepada Allah. Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, berdoalah. Meminta agar dikaruniakan kemudahan hati untuk beristiqamah kepada Allah. Oleh karena itu, mari sama-sama kita lakukan beberapa cara istiqamah tersebut agar kita menjadi salah satu orang yang istiqamah di jalan Allah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA :  Percakapan bahasa Arab untuk mendapatkan pekerjaan

Contoh ceramah singkat tentang istiqamah di atas merupakan salah satu contoh ceramah atau kultum di blog ini, selain di atas, masih banyak contoh-contoh teks ceramah lainnya yang dapat kamu jadikan referensi untuk tampil.

Check Also

Ghoorib.com | Percakapan bahasa Arab di pasar

Percakapan bahasa Arab di pasar

Pendahuluan Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia, terutama …

18 comments

  1. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Thanks, I have recently been looking for information approximately this subject for a while and yours is the best I’ve came upon so far. But, what about the conclusion? Are you certain concerning the source?

  2. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

  3. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    It is best to participate in a contest for probably the greatest blogs on the web. I’ll suggest this site!

  4. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    hello there and thanks on your information – I’ve certainly picked up something new from proper here. I did alternatively experience several technical points the use of this website, since I experienced to reload the website many instances previous to I may just get it to load correctly. I were considering in case your hosting is OK? Now not that I am complaining, however slow loading cases occasions will very frequently impact your placement in google and could harm your high-quality score if ads and ***********|advertising|advertising|advertising and *********** with Adwords. Well I’m including this RSS to my email and can look out for a lot more of your respective exciting content. Ensure that you replace this once more very soon..

  5. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I’m really enjoying the design and layout of your blog. It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme? Outstanding work!

  6. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Great post, you have pointed out some great points, I too believe this s a very great website.

  7. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Simply a smiling visitor here to share the love (:, btw outstanding style. “He profits most who serves best.” by Arthur F. Sheldon.

  8. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I am really enjoying the theme/design of your blog. Do you ever run into any web browser compatibility issues? A few of my blog visitors have complained about my website not operating correctly in Explorer but looks great in Opera. Do you have any suggestions to help fix this issue?

  9. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I am extremely impressed with your writing abilities and also with the structure for your weblog. Is that this a paid subject matter or did you modify it yourself? Either way keep up the nice high quality writing, it’s rare to peer a nice weblog like this one today..

  10. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Great post. I am facing a couple of these problems.

  11. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I was very pleased to find this web-site.I wanted to thanks for your time for this wonderful read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  12. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Great beat ! I wish to apprentice even as you amend your site, how could i subscribe for a weblog website? The account aided me a applicable deal. I were a little bit acquainted of this your broadcast provided vibrant clear concept

  13. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    What Is Aizen Power? Aizen Power is presented as a distinctive dietary supplement with a singular focus on addressing the root cause of smaller phalluses

  14. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    An interesting discussion is worth comment. I feel that you need to write more on this matter, it won’t be a taboo topic but usually individuals are not sufficient to talk on such topics. To the next. Cheers

  15. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get three emails with the same comment. Is there any way you can remove me from that service? Thanks!

  16. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I really like your writing style, wonderful information, appreciate it for posting :D. “In university they don’t tell you that the greater part of the law is learning to tolerate fools.” by Doris Lessing.

  17. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    I?¦ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this kind of house . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website. Studying this information So i am happy to exhibit that I have an incredibly good uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much no doubt will make certain to do not overlook this web site and give it a glance regularly.

  18. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Istiqamah

    Hi, Neat post. There’s a problem with your site in internet explorer, would test this… IE still is the market leader and a big portion of people will miss your magnificent writing due to this problem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *