free html hit counter

Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

Contoh 1
(Hasan menelpon Thahir menanyakan perihal Di Rumah Aja & Belajar Online) 

حسن : السلام عليكم يا طاهر …؟
طاهر : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
حسن : في أين أنت يا زميلي ؟
طاهر :أنا في البيت منذ أعلن المدرس و الحكومة لِثبُوت في البيت
حسن : وأنا على سواء. ماذا شعرتَ في البيت بدون الخروج؟
طاهر : أدعو الله أن يصلح لنا عن هذا الفيروس لأنّني في البرَم الآن
حسن : موافق يا طاهر، وما رأيك عن التعلم بوسيلة الشبكة….؟
طاهر : أرى أنّ هذا من حسن مخرجًا لنا
حسن : ولكن يا طاهر هذا سهل لك لأنّك في المدينة، وأنا في القريةِ صعوبة لوسائل الشبكة
طاهر :  فذالك من مشكلة كبيرة، لا شكّ أنّ من أصحبنا الذي سكنوافي القرية لا يوجد الشبكة الكافية
حسن : أحينا أخرج إلى أعلى المكان لأصل بالشبكة
طاهر : أحسنت يا حسن، ولكن لا تنسى أن تضع كمامة على وجهِك
حسن : مشي يا طاهر شكر لك، السلامعليكم
طاهر : وعليكمالسلام

Terjemahan
Hasan  : Assalamu’alaikum Thahir…?
Thahir : Wa’alaikumussalam…
Hasan  : Dimana kamu kawan ?
Thahir : Dirumah aja nih, semenjak guru sama pemerintah ngumumin buat diam di rumah.
Hasan  : Aku juga gitu. Gimana meneurut kamu di rumah aja gak keluar?
Thahir : Aku berdo’a agar Allah memperbaiki keadaan kita dari virus ini, karena aku bosan sekali sekarang.
Hasan  : Setuju Thahir, Belajar onlinenya gimana?
Thahir : Menurut aku ini solusi mantap bagi kita.
Hasan  : tapi gini Thahir, ini terlihat mudah bagi kamu karena kamu tinggal di kota, aku di kampung susah kali dapet sinyal.
Thahir : Itu masalahnya, memang banyak dari kawan kita yang tinggal di desa tidak bagus internetnya.
Hasan  : Kadang aku nyari tempat yang tinggi biar dapet sinyal.
Thahir : Mantap Hasan, tapi jangan lupa pakek maskernya.
Hasan  : Ok Thahir, terimakasih… Assalamu’alaikum
Thahir : Wa’alaikumussalam.

Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona
Contoh 2
(Pak Ali dan Pak Zul ngomongin masalah virus corona)
علي : السلام عليكم يا ذول….؟
ذول : وعليكم السلام ياعلي
علي : هل سمِعت عن فيروس كوفيد الذي قد انتشر في كل الدول تقريبا…؟
ذول : نعم، لقد وصل في أذوننا أنّ هذا الفيروس قاتل
علي : لا شك أنّ كثير في الإعلام يخبر في الصين عدد الناس ماتوا بسبب كورونا
ذول : وهذا الفيروس ينتشر سريعا إلى كل المدن الدولة
علي : وسمعنا أنّ الحكومة أعلن العطلة لتلاميذ و الطلاب و طبعا على كل الموظّف في بلدنا
ذول : طبعا هذا من الإحتراز من الفيروس
علي : وأمرنا الحكومة لنسكن في بيُوتنا ونستعمل كمامة عند الخروج
ذول : ميشي يا علي حصيف لك وق أسرتك، السلام عليكم
علي : وعليكم السلام

Tejemahan
Ali : Assalamu’alaikum Zul…?
Zul : Wa’alaikumussalam Ali.
Ali : Kamu udah dengar tentang virus covid yang udah mewabah di hampir seluruh negara?
Zul : Iya, Udah sampai informasi ke kita kalau virus ini mematikan.
Ali : Benar, Banyak informasi yang beredar di China banyak korban meninggal akibat Corona.
Zul : Dan virus ini nybar cepat sekali ke seluruh kota-kota di dunia.
Ali : Iya, dengar-dengar pemerintah liburin anak sekolah dan pelajar juga pegawai kantoran di negara kita.
Zul : Tentu, ini merupakan upaya pencegahan dari virus
Ali : Pemerintah juga nyruh kita di rumah aja dan kalau keluar harus pakai masker.
Zul : Ok Ali, Hati-hati ya dan jaga keluarga kamu, Assalamu’alaikum…
Ali : Wa’alaikumussalam.

BACA JUGA :  Tujuan, Fungsi dan Kegunaan Ilmu Bahasa (Ilmu Lughah)

Contoh 3
(Hasbi dan Ziyad sharing singkat masalah virus corona di bulan ramadhan lewat sambungan telpon)
حسبي : السلام عليكم يا زياد
زياد  : وعليكم السلام
حسبي : كيف حالك اليوم يا زياد….؟
زياد : في الصحة الحمد لله، وأنت…؟
حسبي : أنا في الصحّة أيضا ، كيف أيامك في رماضان…؟ 
زياد  : يسير كعادة، ولكن نصلي صلاة التراويح في البيت 
حسبي : كرونا فيروس صغط على أمرنا وأيامنا ولا نعرف إنتهاءه
زياد  : ندعوا الله أن يصلح لنا أحوالنا ويفرّق بيننا وبين فيروس كورونا
حسبي : ولا تنسى أن تباعد نفسك عن الإزدحام
زياد  : ميشي
Terjemahan
Hasbi : Assalamu’alaikum Ziyad…
Ziyad : Wa’alaikumussalam..
Hasbi : Gimana kabarnya hari ini…?
Ziyad : Sehat, alhamdulillah, kamu gimana?
Hasbi : Sehat juga, gimana ramadhannya nih…?
Ziyad : Biasa aja, tapi kami shalat tarawihnya di rumah
Hasbi : Virus corona emang menghambat aktifitas kita dan gak tau kapan kelarnya.
Ziyad : Doa’in aja cepat kondusif, dan semoga kita dijauhkan dari virus corona ini.
Hasbi : Jangan lupa buat ngejauhin diri dari kerumunan.
Ziyad : Ok.

Note : Terjemahan pada contoh percakapan di atas diterjemahkan secara bebas namun tidak keluar dari konteks pembicaraan.


Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

Check Also

Ghoorib.com | Percakapan bahasa Arab di pasar

Percakapan bahasa Arab di pasar

Pendahuluan Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia, terutama …

8 comments

  1. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    Sweet internet site, super style and design, very clean and utilize pleasant.

  2. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    I always was interested in this subject and still am, thanks for posting.

  3. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    Some really nice and utilitarian info on this internet site, too I think the style and design has wonderful features.

  4. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    You really make it seem so easy along with your presentation but I find this topic to be actually something which I believe I would never understand. It kind of feels too complex and extremely wide for me. I’m looking forward on your next post, I will try to get the cling of it!

  5. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    Just wish to say your article is as astounding. The clarity to your publish is just great and i can think you’re an expert on this subject. Fine along with your permission let me to clutch your RSS feed to keep updated with coming near near post. Thank you one million and please keep up the rewarding work.

  6. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    It’s really a nice and useful piece of information. I am glad that you shared this useful information with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

  7. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    It’s really a nice and useful piece of information. I am glad that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

  8. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Dalam Bahasa Arab Tentang Virus Corona

    I have recently started a website, the info you provide on this site has helped me greatly. Thank you for all of your time & work.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *