free html hit counter
Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

Biasanya ada banyak topik percakapan yang bisa Anda kemukakan. Dan salah satu aspek yang paling menarik adalah hal itu menarik minat. Karena ini adalah masalah yang sangat dekat mendesak dan sangat penting bagi masyarakat saat ini. Jadi jika Anda ingin menawarkan pelajaran singkat sesuai permintaan silakan lihat contoh teks di bawah ini.

Ceramah Singkat tentang Riba

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Alhamdulillah. Hadirin yang senantiasa dalam lindungan Allah. Marilah kita mengucapkan syukur, karena hingga detik ini masih memberikan kita segala kenikmatan yang luar biasa. Dan semoga kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur atas apapun yang Allah berikan. Shalawat serta salam, kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan yang namanya tercatat indah di dalam al-Quran dan sejarah dunia. Yakni sebagai sosok terbaik.
Tuhan memberkati para tamu. Nabi Allah pernah memperingatkan kita semua berabad-abad yang lalu. Terutama hukuman yang hampir luar biasa. Penghujatan apa ini? Itu adalah milik rasa malu. Dalam hal ini Rasulullah tidak mempermasalahkan kemiskinan yang kita jalani untuk kita semua. Namun Nabi khawatir hujatan ini akan membuat kita menjadi hamba-hamba yang lalai yang melupakan kehidupannya di masa depan. Naudzubilla. Dan ini disebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:
ليأتين على الناس زمان لا يبالي المرء بما أخذ المال أمِن الحلال أم مِنَ الحرام
Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli darimana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau haram.” (HR. Bukhari ) 

Hadits ini mengingatkan kita semua bahwa skandal kekayaan itu nyata dan merupakan salah satu hal yang membuat anak muda khawatir untuk hidup dalam situasi saat ini. Memang dikatakan datang di era redaksi berarti peristiwa ini tidak terjadi tepat waktu. Hadits ini juga menyebutkan dua hal yang menyalahkan saudaraku. Itulah yang legal dan ilegal.

BACA JUGA :  Pelajaran atau Mata Kuliah di Jurusan Ekonomi Syariah dan Prospek Kerjanya

Dan sekarang kita dapat melihat bahwa mungkin usia berarti usia di mana kita hidup sekarang. Karena kita bisa melihat banyak kejadian menarik yang tidak biasa bagi kita. Sementara itu beberapa orang memperoleh kekayaan melalui cara-cara ilegal dan sekarang tidak peduli bagaimana cara memperoleh kekayaan. Naudzubillah Dan salah satu hal yang paling jelas bagi kami adalah minat. Dan tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini praktek riba jelas terjadi dan dipraktekkan oleh saudara-saudara kita yang seiman. Tuhan memberkati para tamu.

Riba secara harfiah berarti keuntungan. Apakah itu dalam sesuatu atau malah melekat pada sesuatu? Misalnya tukarkan 1 dirham dengan 2 dirham. Riba di sisi lain berarti menambahkan sesuatu yang istimewa. Ini adalah istilah yang sering digunakan untuk dua jenis rentenir. Inilah Riba Fadal dan Riba Nasiya. Menurut ajaran kami apapun yang disebut Reba dilarang keras. Dalam Al-Quran Hadis bahkan Ijma disebutkan pada Qiyas.

Salah satunya adalah dalil yang terdapat di dalam QS. al-Baqarah ayat 275 yang berbunyi:
وَحَرَّمَ الرِّبَا
Dan Allah telah mengharamkan riba.” (Qs. Al Baqarah: 275)
Sementara di dalam sebuah hadis juga disebutkan:
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba dan dua orang saksinya. Kedudukan mereka itu semuanya sama.” (HR. Muslim)
Sehingga para penonton dapat melihat bagaimana Islam melarang riba. Dan sebagai seorang Muslim kita harus melakukan yang terbaik untuk menghindari praktik ini. Allah akan selalu menganggap kita cukup sebagai hamba-Nya dan menjaga kita dari terlibat dalam maksiat ini. Demikian Wassalamualaikum Warhamdullahi Wabarkatuh.
Berikut adalah contoh ceramah singkat tentang riba yang bisa anda gunakan sebagai referensi dalam ceramah anda.

Check Also

Ghoorib.com | Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam. Pada hari yang penuh …

5 comments

  1. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

    Thanks so much for giving everyone such a special possiblity to read articles and blog posts from here. It is often very enjoyable and full of a great time for me personally and my office friends to visit your web site more than 3 times every week to see the newest issues you will have. And lastly, I’m also at all times amazed considering the sensational thoughts you serve. Selected 4 ideas in this post are in truth the most efficient we’ve had.

  2. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

    I will right away grasp your rss feed as I can not find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any? Kindly permit me know so that I may subscribe. Thanks.

  3. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

    Outstanding post, I believe people should larn a lot from this website its real user friendly.

  4. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

    Hey! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your articles. Can you suggest any other blogs/websites/forums that cover the same subjects? Thank you so much!

  5. Ghoorib.com | Inilah Ceramah Singkat tentang Riba

    I truly appreciate this post. I have been looking everywhere for this! Thank goodness I found it on Bing. You have made my day! Thanks again

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *