free html hit counter
Ghoorib.com | Cara Mengetahui WhatsApp Sedang Disadap

Cara Mengetahui WhatsApp Sedang Disadap

Sebagai pengguna WhatsApp, penting bagi kita untuk mengetahui WhatsApp kita sedang disadap atau tidaknya. Meskipun WhatsApp memiliki sistem keamanan yang sangat bagus dan kuat, kemungkinan kecil akun pengguna akan mengalami penyadapan.

Penyadapan akan sangat memungkinkan membuat penggunanya rugi. Berbagai aktivitas pengguna contoh, berbagai chat , dokumen hingga daftar kontak pengguna dapat diketahui oleh seseorang yang melakukan penyadapan di ponsel pengguna.

Meskipun whatsApp memiliki sistem keamanan yang kuat, Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja melakukan kelalaian, sehingga akun WhatsApp miliknya bisa disadap oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Kondisi seperti ini contoh, pengguna membagikan kode verifikasi akunnya ke orang asing yang hendak melakukan penipu. Setelah kode verifikasi berhasil di akses, orang asing tersebut akhirnya bisa melakukan login akun WhatsApp pengguna dan mengambil alih akun.

Dan beberapa aktivitas yang mencurigakan setelah akun WhatsApp yang telah disadap contoh, mendapatkan kiriman kode OTP lewat SMS maupun telepon, beberapa isi pesan chat yang telah dibaca, keluarnya akun si pengguna secara tiba-tiba, mengirim pesan yang mencurigakan, dan keadaan WhatsApp kedapatan online seharian.

Untuk melakukan antisipasi terhadap penyadapan WhatsApp, pengguna perlu memahami cara mengetahui WhatsApp disadap. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat pengguna ketahui

Cara mengetahui WhatsApp sedang disadap

Melakukan pengecekan di WhatsApp web

Pengguna bisa mengetahui jika WhatsAppnya sedang disadap atau tidaknya dengan cara, membuka WhatsApp web lalu buka semua sesi untuk mengetahui semua perangkat yang terhubung dengan akun WhatsApp. Jika pengguna melihat pesan “Ponsel ini tidak dapat diverifikasi” artinya akun WhatsApp telah diakses oleh seseorang yang tidak dikenal, dan seseorang ini menggunakan perangkatnya untuk melakukan login akun WhatsApp si pengguna.

BACA JUGA :  Teknik Closing: Menutup Penjualan dengan Sukses

Melakukan pengecekan aktivitas WhatsApp

Pengguna bisa melakukan pengecekan aktivitas WhatsApp untuk mengetahui apakah akunnya telah disadap atau tidak. Pertama buka daftar pesan dan lihatlah, jika terdapat pesan yang merasa bukan pengguna yang melakukan pengirim maka tinjaulah pesan tersebut.

Melihat profil WhatsApp

Jika WhatsApp pengguna sedang disadap Profil akun WhatsApp akan berubah sendiri. Melakukan perubahan pada profil WhatsApp yang disadap ini adalah salah satu ancaman bagi sipengguna, karna dapat digunakan tindak kriminal.

Perubahan profil ini bisa dilihat melalui menu “Pengaturan” WhatsApp dan klik ikon profil. Apabila nama akunnya sudah berubah padahal pengguna tidak melakukannya, bisa jadi WhatsApp telah disadap.

Akun WhatsApp telah logout

Akun WhatsApp yang tiba-tiba telah melakukan logout dengan sendirinya, ini dapat dipastikan bawah akun WhatsApp tersebut telah berhasil disadap.

Menggunakan aplikasi anti-malware

Seseorang yang tidak bertanggung jawab dapat melakukan penyadapan dengan memasang malware. Ketika malware telah menginfeksi ponsel sipengguna, penyadap bisa mencuri semua data pengguna, seperti foto, pesan dan file yang sangat penting. Lalu, penyadap ini bisa mengendalikan ponsel dan mengakses pesan WA. Untuk mengatasinya hal tersebut, gunakan aplikasi anti-malware dan instal untuk mendeteksi dan menghapus malware yang terpasang pada hp. Selain itu juga hindarilah pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga yang tidak dianjurkan oleh ponsel pengguna.

Lalu, apa yang harus dilakukan sipengguna jika akun WhatsAppnya telah disadap? Pengguna dapat melakukan login ulang akun WhatsApp miliknya dan memaksa keluar akunnya pengguna yang berhasil disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab, cara ini dapat dilakukan dengan membuka WhatsApp lalu klik titik tiga di sudut kanan atas, pilih perangkat dan paksa keluar. Dan pengguna dapat juga melaporkannya ke alamat e-mail yang tercantum di Aplikasi WhatsApp.

Check Also

Ghoorib.com | Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Aplikasi WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi utama untuk percakapan pesan instan. Bukan hanya dapat …