free html hit counter
Ghoorib.com | 5 Universitas Islam Negeri Terbaik Nasional

5 Universitas Islam Negeri Terbaik Nasional

5 Universitas Islam Negeri Terbaik Nasional
Universitas merupakan jenjang akademik tertinggi di Indonesia, menjadi pusat akademis dan keilmuan dengan sistem terbatukan universitas menjadi tempat magang bagi ilmuwan, pemikir, cendekiawan, dan banyak tokoh-tokoh bangsa.
Hampir semua bidang pekerjaan mensyaratkan untuk memiliki kualifikasi akademis minimal lulusan universitas. Karena di universitas-lah kemampuan seseorang menjadi mengerucut karena menganut sistem spesialisasi.
Di Indonesia sendiri ada dua poros universitas. Untuk universitas yang berlandaskan akademis keagamaan di sebut Universitas Islam, dan unversitas yang fokus pada bidang akademis umum non-keagamaan.
Berikut 5 universitas Islam terbaik tahun 2022 yang ghoorib simpulkan dari beberapa sumber terpercaya. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.
Peringkat Universitas Islam negeri berikut ini dinilai berdasarkan nilai rata-rata dari ranking dampak, ranking keunggulan, dan ranking keterbukaan.

1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dilansir dari Ranking Web Of Universities, UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan universitas islam terbaik dengan menduduki peringkat ke-23 diantara seluruh PTN se-Indonesia.
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Universitas dengan nama salah satu sunan yang menyebarkan Islam di Nusantara ini berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat. UINSGD telah berkiprah sejak 8 April 1968 bertepatan 10 Muharram 1388 H. Rektor pertama dijabat oleh K.H. Anwar Musaddad.
Universitas dengan luas kampus 16 hektar lebih ini terdiri dari 9 fakultas keagamaan yang tersebar kedalam 3 lokasi kampus berbeda, namun masih dalam kota Bandung.
Universitas Islam kebanggaan warga Bandung ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan peringkat A melalui surat keputusan 125/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019.
Dalam hal riset, UINSGD menduduki peringkat ke-689 di dunia di bawah pimpinan rektor Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si yang akan memimpin untuk periode 2019-2023. Universitas ini juga membawahi jenjang pendidikan tinggi Magister dan Doktor dengan spesialisasi bidang keagamaan Islam.

2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Di posisi kedua, ada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang berlokasi di ibu kota. Untuk rangking nasional seluruh PTN Universitas ini berada di peringkat 24 dengan rata-rata nilai keterbukaan 2095, nilai keterbukaan 1323, dan nilai keunggulan 4336.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Dari cikal bakal Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) pada 1 juni 1957, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Islam Negeri terbesar dengan 11 Fakultas yang menspesialisasi bidang keagamaan.
Saat ini universitas ini dipimpin oleh Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A. untuk periode 2019 sampai dengan 2023. Universitas ini juga menaungi sekolah pasca sarjana untuk magister dan doktoral.

3. UIN Sunan Ampel Surabaya

Beralih dari ibu kota kita beranjak ke Surabaya, di urutan ke-3 universitas Islam negeri ada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dengan ranking ke-60 PTN nasional. Dengan nilai dampak univeristas, keterbukaan dan keunggulan berurutan 1017, 7619, 5413.
UIN Sunan Ampel Surabaya
Dilihat dari surat keputusan BAN-PT UINSA menyandang akreditasi A yang berlaku hingga tahun 2024. Sejak tahun 1961 universitas ini sudah memiliki 10 Fakultas bidang keagamaan di dalamnya.
Dengan rektor pertama dipimpin oleh Prof. H. Teuku Ya’qub Isma’il, SH., MA, UINSA terus tumbuh dewasa sampai sekarang dipimpin oleh rektor ke-10 yaitu Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

4. UIN Raden Intan Lampung

Satu-satunya UIN di peringkat 5 besar yang membawa nama Sumatra, UIN Raden intan kebanggaan warga Lampung ini sukses menduduki posisi ke-4 untuk kategori universitas Islam negeri terbaik nasional.
UIN Raden Intan Lampung
Dalam kancah seluruh PTN nasional, UIN Raden Intan berada di peringkat ke-66 dengan nilai keunggulan (7217), nilai keterbukaan (2260), nilai dampak (693).
Universitas yang berada di Jl. Letnan Kolonel H. Endro Suratmin, Sukarame, Kota Bandar Lampung, ini memiliki 6 fakultas keagamaan yang dipimpin oleh Prof. Dr. H.Moh. Mukri, M.Ag sejak 2010.
Memasuki usia 61 tahun dari sejak berdirinya pada tahun1961, UIN Raden Intan terus berkembang dilihat dari jumlah mahasiswa, pembangunan, dan jumlah karya yang terus bertambah.

5. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kembali ke pulau Jawa, kita dapati UIN Sunan Kalijaga di posisi ke-5 Universitas Islam Negeri terbaik nasional. Dengan peringkat ke-69 PTN se-Indonesia dengan nilai keterbukaan (1798), nilai keunggulan (7217), dan nilai impact (920). Menyandang Akreditasi unggul.
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Universitas yang sering disingkat UIN SUKA ini berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto. Sejak berdiri pada tahun 1951 yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Mochamad Adnan, M.Sc. hingga sekarang telah memiliki 8 Fakultas yang berkonsentrasi pada spesialisasi keagamaan.
Saat ini UIN Sunan Kalijaga dipimpin oleh Guru besar Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. untuk masa jabatan 2020-2024. UIN kebanggaan masyarakat jogja ini terus menoreh prestasi di tingkat nasional maupun internasional.
BACA JUGA :  Pengertian dan Pembagian Kalam Dalam Ilmu Nahwu

Check Also

Ghoorib.com | Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Fa’il (فَاعِلُ) secara bahasa adalah orang yang menanggung sebuah kelakuan, atau sering kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *