free html hit counter

Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

Sejak terjadi pandemi semua kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah terpaksa harus dilakukan dari rumah dengan sistem online, mulai dari kerja kantoran, sekolah, jualan dan sebagainya.
Terus-terusan dirumah menyebabkan banyak orang mengalami insomania, di tambah dengan rasa cemas dan stress akibat kondisi lingkungan yang tidak normal.
Sebenarnya banyak faktor lain yang menyebabkan insomania dan tidur yang tidak nyenyak, termasuk kecanduan internet dan sosial media. Ironisnya, hampir semua kegiatan kita di masa pandemi berada di internet (online).
Salah satu cara untuk mengatasi insomania dan bisa tidur nyenyak adalah dengan bantuan minyak bunga lavender. Yang khasiatnya bisa merilekskan otak dan tubuh serta menghilangkan rasa cemas dan khawatir.

Lavender Essential Aromatic Oil

Minyak lavender adalah salah satu minyak esensial yang sudah digunakan selama ribuan tahun. Dalam sejarah tercatat, minyak lavender telah digunakan dalam pengobatan Mesir, Cina, dan Yunani kuno.

Lavender Essential Aromatic Oil
Foto oleh Elly Fairytale dari Pexels
Dalam European Journal of Integrative Medicine menjelaskan bahwa kualitas tidur yang buruk memengaruhi sebagian besar penduduk Inggris. Sehingga mereka melakukan perawatan alternatif dengan menghirup aroma minyak lavender. Secara umum, minyak lavender memiliki sifat penenang dan meningkatkan kualitas tidur.
Selama ribuan tahun manusia telah menggunakan lavender untuk rileksasi dan mengurangi kecemasan. Minyak lavender adalah campuran kompleks dari banyak unsur kimia yang berbeda, termasuk 45% linalool. Linalool dapat memengaruhi beberapa sinyal antar sel saraf di otak, yang dapat membantu kita untuk rileks.

Cara Pemakaian Minyak Lavender Untuk Tidur

• Dicampur ke diffuser.
• Di oles di bagian otot-oto yang keram.
• Di oles di bantal dan selimut.
• Di cium/hirup.

BACA JUGA :  Puasa dan Kesehatan

Hubungan Aroma Lavender dan Tidur

Segala sesuatu di dunia ini terbuat dari molekul yang berbeda-beda. Setiap Mmolekul punya aroma yang berbeda. Saat kita menghirup suatu aroma sebenarnya kita menghirup molekul.

Misalnya, kita mencium bunga lavender, maka lavender melepaskan molekul-molekul ini ke udara dan terjebak di selaput penciuman di hidung yang berisi ujung saraf yang disebut dengan reseptor penciuman.
Bunga Lavender Di Kebun
Setelah saraf ini mengenali molekul aroma tertentu, maka akan mengirimkan sinyal ke penciuman. Dari sini saraf memberi sinyal ke hormon korteks dan sistem limbik dan neurokimia dilepaskan, bahan kimia saraf menciptakan reaksi yang berbeda tergantung apa yang kita cium.
Nah, ada bau-bauan di dunia yang mengandung linalyl asetat dan linalool. Linalool adalah kandungan aktif utama yang berperan pada efek anti cemas (relaksasi), lavender misalnya. Lavender paling sering digunakan dalam aromatherapy.
Aroma Lavender dianggap mampu mengurangi stress, kecemasan dan bahkan mungkin rasa sakit ringan dan juga memberikan manfaat relaksasi, sedatif, dan mampu memperbaiki mood seseorang.
Menghirup bau minyak lavender bisa membuat beberapa aktivitas gelombang otak kita menjadi lebih kuat, sehingga kita merasa lebih tenang, rileks dan tidak cemas.
Aroma minyak lavender meningkatkan aktivitas gelombang theta dan alpha, yang terkait dengan mengantuk dan relaksasi umum.
Ketika rasa cemas, khawatir hilang dan tubuh kita sudah rileks, maka kita akan mudah tertidur, tidak hanya bisa tertidur tapi juga kualitas tidur menjadi lebih baik.
Minyak lavender terbukti membantu untuk mengatasi masalah insomania dan memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik. Namun, ada sebagian kecil orang yang alergi dengan bau lavender, dan tidak direkomendasikan untuk menggunakan minyak lavender.
Ada minyak aromaterapi lain yang juga bisa mengatasi masalah tidur, seperti minyak sereh dan minyak daun mint.

Check Also

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan

Program studi environmental engineering atau jurusan tehnik lingkungan adalah salah satu jurusan yang bernaung di bawah …

8 comments

  1. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    Thank you very much for sharing, I learned a lot from your article. Very cool. Thanks. nimabi

  2. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    Sweet web site, super pattern, really clean and utilise friendly.

  3. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    It is in point of fact a great and helpful piece of information. I?¦m satisfied that you shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thank you for sharing.

  4. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    Hi my family member! I wish to say that this post is amazing, nice written and include approximately all significant infos. I’d like to peer extra posts like this .

  5. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    I’ll immediately seize your rss feed as I can’t find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service. Do you have any? Please let me understand so that I may just subscribe. Thanks.

  6. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    You have observed very interesting details! ps nice website.

  7. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    I’m really enjoying the theme/design of your site. Do you ever run into any internet browser compatibility problems? A number of my blog readers have complained about my site not working correctly in Explorer but looks great in Safari. Do you have any ideas to help fix this issue?

  8. Ghoorib.com | Tidur Nyenyak Dengan Lavender Essential Aromatic Oil

    What is Boostaro? Boostaro revolutionizes romantic performance enhancement through its reliance on the wisdom of natural ingredients

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *