free html hit counter

Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

Ghoorib – Assalamu’alaikum sobat, pada edisi 1 alias edisi pertama review buku di blog ghoorib, saya ingin mereview sebuah novel sejarah yang berjudul Burung Rantau Pulang ke Sarang, novel ini sudah lama saya beli dan sudah saya baca beberapa kali, namun baru saya review sekarang, karena saya anggap perlu untuk di review sebagai pertimbangan dan rekomendasi bagi sobat-sobat yang akan membeli novel ini atau lagi mencari novel yang bergenre sejarah.

Di dalam artikel ini saya jelaskan dan rincikan sesuai dengan apa yang saya alami dan rasakan setelah membaca novel ini semoga bermanfaat.

Profil Buku

Judul : BURUNG RANTAU PULANG KE SARANG
Penulis : Teuku Azhar Ibrahim
Penerbit : Salsabila Pustaka Al-Kautsar Grup
Tahun terbit : Cetakan pertama, Januari 2016
ISBN : 978-602-1695-30-2
Jenis : Novel
Genre : Sejarah
Bahasa : Indonesia
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jumlah halaman : 355
Harga : Rp. 25.000,00 Cek

Profil Penulis

Nama : Teuku Azhar Ibrahim
Tempat tanggal lahir : Pidie, 31 Oktober 1970
Riwayat penulisan : Buletin El-Asyi, Puisi Apologize / International Library of Poetry America / dalam antologi “As Sunlight Wanes”, antologi puisi Napas Peradaban, Cerpen Bila Tuhan Telah Tiada (Pemenang lomba cerpen nasional / Lingkar pena / Antologi cerpen Dari Negeri Asing / 2002, Mengawal Akidah, Membentengi Generasi dari Aliran Sesat / 2014.

Review Buku

Novel yang berjudul Burung Rantau Pulang ke Sarang karya pena Teuku Azhar Ibrahim adalah novel yang bergenre sejarah.

Kisah yang berlatar di Aceh tepatnya pada saat pemerintahan kerajaan Pasai dulu seakan membawa kembali pembaca ke masa tersebut, masa dimana syariat islam masih sangat kental dalam kehidupan masyarakat Aceh.
Suasana Pendidikan Dayah Seulawah dengan ciri khas ilmu silat yang langsung diajarkan oleh pimpinannya yaitu Teungku Chik Dayah Seulawah mengajak pembaca seakan-akan hadir ke dalam setiap bagian cerita.
Teungku chik yang sudah tidak muda lagi ingin berjumapa dan mengajak pulang kembali anaknya yang bernama hamzah yang sedang meneguk kelezatan ilmu di Mekkah. Harapnya Hamzah akan menjadi penggantinya memimpin dayah. Anak Pertama Teungku Chik jauh dari apa yang diharapkan, ketika sampai di mekkah, Teungku Chik tidak mendapat kejelasan mengenai keberadaan Hamzah, apakah Teungku Chik bertemu dengan Hamzah di Mekkah?
Teungku Chik merupakan seorang ulama yang sangat dihormati di kalangan masyarakat Pasai yang juga diangkat oleh kerajaan pasai sebagai penasihat istana yang sangat berpengaruh dalam roda kekuasaan kerajaan Pasai.
Perjalanan Teungku Chik untuk bertemu Hamzah ke Mekkah dihiasi dengan berbagai halangan dan rintangan, penulis berhasil menyampaikan kepada pembaca tentang nilai-nilai Islam Rahmatan lil’alamin, keikhlasan, Kebaikan, perjuanagan, kesabaran dan nilai-nilai lainnya melalui karakter Teungku chik. Teuku Chik Berhasil menumpas pembangkang kerajaan, perompak, dan pengacau kerajaan Pasai bersama dengan beberapa bekas muridnya yang telah menjadi laskar istana.
Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang
Melalui perjalanan Teungku Chik ke Mekkah penulis menyisipkan kisah kunjungan Laksamana Cheng-Ho ke kerajaan Pasai, beriringan dengan gambaran umat Islam di Tiongkok, petualangan para saudagar dan pelayar Islam juga peran utusan-utusan kerajaan Pasai dalam menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain mengalir indah dari Laut Merah hingga Selat Malaka.
Unsur dan nilai falsafah tentang Tuhan, hikmah, kehidupan dan toleransi dalam beragama tergambar jelas dalam aliran kata di dalam novel ini. Bersamaan dengan film kenangan Teungku Chik yang kembali berputar di ingatannya saat ia muda dulu di tanah tiongkok yang juga berhasil meninggalkan nilai Islam di tiongkok.
Kisah cinta dan kesabaran Meutia dengan Gam Manyak juga memberi sentuhan romansa dalam novel sejarah favorit saya ini.
BACA JUGA :  5 Pasangan Ini Keliling Dunia Naik Sepeda, Berikut Ceritanya

Ulasan

Kesan

Ketika pertama sekali saya membaca novel ini, saya benar-benar terbawa ke dalam suasana cerita. Ini benar-benar novel sejarah yang didalamnya terdapat sangat banyak nilai dan pelajaran tentang kehidupan yang harus dipelajari. Duel-duel silat yang menegangkan dan seru juga tidak kalah dari film-film action modern. Intinya saya merasa beruntung membaca novel ini.

Pesan

Novel ini sangat bagus dibaca oleh semua kalangan khususnya pemuda-pemudi yang di masa depan akan menjadi pemimpin ummat.

Check Also

Cara Top Up ShopeePay Biar Gak Kena Biaya Admin

Cara Top Up ShopeePay Biar Gak Kena Biaya Admin Assalamualaikum, apa kabar teman-teman pembaca blog …

24 comments

  1. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Thank you a lot for giving everyone an extraordinarily nice opportunity to read articles and blog posts from here. It can be very fantastic and also jam-packed with a lot of fun for me personally and my office friends to visit your site at the very least thrice per week to read through the newest tips you have. Of course, I am just actually astounded for the staggering pointers you serve. Certain 4 facts in this posting are really the most beneficial I have had.

  2. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    There is noticeably a bundle to realize about this. I assume you made certain nice points in features also.

  3. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information. Your website is very useful. Thanks for sharing.

  4. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    You really make it seem so easy together with your presentation however I find this topic to be actually one thing that I think I would by no means understand. It sort of feels too complicated and very huge for me. I’m having a look forward in your subsequent publish, I?¦ll try to get the hold of it!

  5. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Woh I love your blog posts, saved to my bookmarks! .

  6. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Normally I don’t read article on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to check out and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very nice article.

  7. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Hi my family member! I wish to say that this article is amazing, nice written and come with approximately all significant infos. I’d like to look extra posts like this.

  8. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    There is clearly a bundle to identify about this. I consider you made some nice points in features also.

  9. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    There is perceptibly a lot to know about this. I feel you made various good points in features also.

  10. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    I happen to be commenting to make you know of the incredible experience my wife’s girl went through checking your webblog. She learned so many pieces, which included how it is like to have an amazing teaching mindset to let men and women without difficulty completely grasp several grueling subject matter. You actually exceeded people’s expected results. Many thanks for churning out such good, trustworthy, informative as well as cool thoughts on your topic to Lizeth.

  11. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Hello! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok. I’m definitely enjoying your blog and look forward to new updates.

  12. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple adjustements would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Bless you

  13. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Way cool, some valid points! I appreciate you making this article available, the rest of the site is also high quality. Have a fun.

  14. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    What Is Aizen Power? Aizen Power is presented as a distinctive dietary supplement with a singular focus on addressing the root cause of smaller phalluses

  15. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Howdy! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any suggestions?

  16. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    It’s really a nice and useful piece of information. I am happy that you just shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  17. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    This blog is definitely rather handy since I’m at the moment creating an internet floral website – although I am only starting out therefore it’s really fairly small, nothing like this site. Can link to a few of the posts here as they are quite. Thanks much. Zoey Olsen

  18. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Thanks for the article, how can I make is so that I get an email sent to me every time you make a new post?

  19. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Good write-up, I am regular visitor of one¦s website, maintain up the nice operate, and It’s going to be a regular visitor for a long time.

  20. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    I¦ve read several just right stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting. I surprise how so much attempt you put to create any such magnificent informative web site.

  21. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    Some genuinely prize posts on this web site, saved to fav.

  22. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    There is noticeably a bundle to find out about this. I assume you made sure good points in features also.

  23. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    you have got a fantastic blog right here! would you prefer to make some invite posts on my weblog?

  24. Ghoorib.com | Review Novel Burung Rantau Pulang ke Sarang

    I like what you guys are up also. Such intelligent work and reporting! Keep up the superb works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my site 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *