free html hit counter

5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

Cara Mudah Belajar Nahwu Sharaf

A green leaf in a lamp with nature background

Bagaimana cara kita agar mudah belajar nahwu sharaf? Sesungguhnya belajar tidak ada yang mudah, perlu kepada ketekunan dan keyakinan.

Namun, ada cara dan jalan yang mudah dalam kita menuntut ilmu, terutama ilmu gramatikal bahasa Arab seperti ilmu Nahwu dan Sharaf.

Selain dengan memenuhi syarat sebagai penuntut ilmu dan adab dalam menuntut ilmu serta larangannya, ada cara dan trik mudah dalam belajar nahwu sharaf.

Berikut 5 cara agar mudah belajar nahwu sharaf versi ghoorib.

1. Belajar langsung kepada guru

Belajar langsung kepada guru nahwu yang sudah expert atau ahli sangat berpengaruh pada proses belajar. Bahkan sangat dianjurkan belajar kepada guru yang punya sanad keilmuan.

Guru yang sudah ahli dalam bidang nahwu sharaf akan lebih memahami metode yang cocok dan cara pembelajaran yang sesuai kepada muridnya.

Dia mengerti betul cara menjelaskan dari berbagai perspektif murid.

Belajar langsung kepada guru nahwu akan lebih mudah dan memahami secara mendalam daripada belajar online atau belajar dari internet.

Belajar kepada guru langsung dengan bimbingan dan arahan akan lebih mudah daripada belajar sendiri membaca teks dari kitab ataupun internet.

Belajar dengan metode talqqi sangat direkomendasikan sebagaimana para ulama nahwu sharaf belajar dan mengajar muridnya pada zaman dulu.

Materi di internet hanya sebagai materi pembantu ketika kita tidak dengan guru atau tidak membawa kitab nahwu sharaf.

2. Belajar dari kitab yang paling dasar

Belajar dari kitab yang paling dasar merupakan hal yang sangat penting, apapun judul kitab yang direkomendasikan guru kamu mulailah dari kitab yang paling dasar di tingkatannya.

Alangkah mudahnya belajar nahwu sharaf jika teori dan qaidah dasarnya benar-benar kamu ketahui, terutama kepada murid yang baru mulai belajar nahwu sharaf.

Kamu akan sulit belajar nahwu sharaf jika belajar pada materi yang tinggi, kamu akan sulit memahami dan mungkin membuatmu tidak ingin belajar lagi.

BACA JUGA :  Cara Memindahkan WhatsApp Dari Hp Lama ke Yang Hp Baru, Agar Chat Tidak Hilang

Teori-teori dasar dalam ilmu nahwu dan sharaf akan sangat membanru kamu dalam mempelajari pembelajaran dan pembahasan yang lebih tinggi.

3. Menghafal qaidah

Menghafal qaidah akan memudahkan kamu dalam membaca teks gundul dan mempraktekkan dalam bicara.

Menghafal tidak selamanya mengingat-ingat di dalam kepala. Maksud menghafal disini lebih kepada memahami suatu qaidah dan mempraktikkan.

Balajar ilmu nahwu dan sharaf sangat erat kaitannya dengan qaidah-qaidah dan rumus, karena nahwu sharaf merupakan pembelajaran gramatikal bahasa.

Pilihlah metode menghafal yang mudah dan sesuai dengan kamu. Duru biasanya akan merekomendasikan metode menghafal qaidah, seperti menghafal dengan irama, atau menghafal dengan menulis hafalan dsb.

4. Mempraktikkan qaidah

Cara mudah belajar nahwu sharaf selanjutnya adalah dengan langsung mempraktikkan qaidah yang sudah dipelajari dan dihafal.

Caranya bisa bermacam-macam, bisa dengan membuat contoh atau menemukan dan membaca teks yang berkaitan dengan materi dan qidah yang dipelajari.

Khusus untuk ilmu nahwu sangat dianjurkan melatih qaidah dan teori nahwu dengan cara i’rob. Mengi’rob kalimat-kalimat sangat bagus untuk melatih penerapan kaidah nahwu.

5. Membaca kembali materi

Membacalah kembali materi yang telah kamu pelajari agar tidak lupa, sebagai manusia kita tidak bisa menghidar dari lupa.

Membaca dan mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sangat membantu untuk memudahkan dalam menguatkan pemahaman yang sudah kita pelajari.

Dalam beberapa situasi mengulang pelajaran bisa membantu mengkoneksikan dan menghubungkan materi tersebut dengan materi yang baru dipelajar.

Alhasil bisa menambah ilmu baru dan muncul pula pertanyaan-pertanyaan baru yang membuat kamu haus akan ilmu dan akhirnya mencari guru-guru untuk menjawab pertanyaanmu.

Kesimpulan

Belajar bukanlah perkara enteng dan mudah, andaikan belajar ini sesuatu yang mudah maka semua orang bisa menjadi ulama dan tidak ada orang bodoh di dunia.

Namun, lelah dan letihnya menuntut ilmu akan berbuah manis pada akhirnya, seperti kata Imam Asy-syafi’i:

“jika kamu tidak merasakan letihnya menuntut ilmu, niscaya kamu akan merasakan pahitnya kebodohan sepanjang hidupmu.”

Barang siapa yang menempuh jalan menuntut ilmu niscaya dibukakan baginya pintu menuju surga, amiin ya rabbal ‘alamiin.

BACA JUGA :  Cara Menambah Berbagai Macam Font Arab di Microsoft Word

Terlebih lagi belajar ilmu nahwu sharaf ini adalah belajar qaidah bahasa Arab, belajar bahasa Arab sama dengan belajar bahasa qur’an. Kata sayyidina Ali r.a:

belajarlah bahasa Arab karena ia bagian dari agama.

Belajar nahwu sharaf sangat erat kaitannya dengan gramatikal, maka metode dan cara yang tepat akan memudahkan kamu dalam memahami nahwu dan sharaf.

Banyak trik dan cara agar belajar nahwu sharaf jadi mudah, asalkan kita berusaha dan mempraktikkannya serta banyak bertanya kepada guru.

Instagram : @ghoorib
Fb Fanspage : Ghoorib 
Twitter : @ghoorib_tweet

Check Also

Ghoorib.com | Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Cara Membuat Sticker WhatsApp Langsung Di Aplikasinya

Aplikasi WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi utama untuk percakapan pesan instan. Bukan hanya dapat …

21 comments

  1. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    naturally like your web-site however you have to check the spelling on several of your posts. Many of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform the truth then again I’ll definitely come again again.

  2. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    F*ckin’ remarkable things here. I am very happy to look your article. Thanks a lot and i’m taking a look forward to touch you. Will you please drop me a mail?

  3. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    You got a very excellent website, Gladiola I found it through yahoo.

  4. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I cherished as much as you’ll receive carried out proper here. The sketch is attractive, your authored subject matter stylish. nevertheless, you command get bought an nervousness over that you would like be handing over the following. in poor health indisputably come further earlier again since precisely the similar just about very steadily within case you protect this increase.

  5. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    It’s hard to find knowledgeable people on this topic, but you sound like you know what you’re talking about! Thanks

  6. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I like this site very much, Its a real nice office to read and find info . “From now on, ending a sentence with a preposition is something up with which I will not put.” by Sir Winston Churchill.

  7. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I?¦m not certain where you are getting your info, however great topic. I must spend a while learning more or working out more. Thank you for great info I used to be in search of this information for my mission.

  8. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Yesterday, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

  9. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Howdy! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success. If you know of any please share. Appreciate it!

  10. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

  11. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I think other web-site proprietors should take this website as an model, very clean and magnificent user genial style and design, as well as the content. You’re an expert in this topic!

  12. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I like this web site very much, Its a really nice position to read and incur info . “The love of nature is consolation against failure.” by Berthe Morisot.

  13. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    After I initially commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a remark is added I get 4 emails with the identical comment. Is there any approach you’ll be able to remove me from that service? Thanks!

  14. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    You need to take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will suggest this web site!

  15. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Hi there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks of hard work due to no data backup. Do you have any solutions to protect against hackers?

  16. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    hello!,I love your writing very a lot! proportion we communicate extra about your post on AOL? I need a specialist on this area to resolve my problem. Maybe that’s you! Taking a look forward to peer you.

  17. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Hi there! This post couldn’t be written any better! Reading through this post reminds me of my previous room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!

  18. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I’ve learn several good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I wonder how so much effort you put to create the sort of fantastic informative website.

  19. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Hey there would you mind stating which blog platform you’re using? I’m planning to start my own blog soon but I’m having a hard time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

  20. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    Wow, marvelous blog structure! How lengthy have you been running a
    blog for? you made running a blog glance easy. The entire look of your website is fantastic, as
    well as the content material! You can see similar here sklep online

  21. Ghoorib.com | 5 Cara Agar Mudah Belajar Nahwu Sharaf

    I just could not go away your web site prior to suggesting that I actually loved the usual info an individual provide on your visitors? Is going to be back incessantly in order to check up on new posts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *