free html hit counter
Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

Alquran tidak diturunkan sebagai kitab kepada Nabi sallallahu alayhi wa sallam. Namun lambat laun surat-surat ditulis sesuai dengan kebutuhan masalah. Apa pelajarannya? Itu adalah kebijaksanaan atau tujuan.

1. Untuk menguatkan hati Nabi Shallahu ‘Alaihi wa Sallam. Firman-Nya:

Ateis mengatakan mengapa Quran diturunkan kepada mereka bahkan sekali? Semua ini agar dapat kita manfaatkan untuk menguatkan hati dan melafalkan Talteer (dengan baik dan benar). (Al-Furqan: 32).

Abu Siyamah mengatakan bahwa ayat ini menjelaskan bahwa Allah sengaja menurunkan Alquran secara bertahap. Tidak sekali pun ia datang langsung dalam bentuk kitab seperti kitab-kitab yang pertama kali diturunkan kepada para rasul. Jadi apa rahasianya dan tujuannya? Tujuannya adalah untuk menguatkan hati Nabi Shallallahu alaihi wasallam. Karena dengan diturunkannya wahyu secara bertahap sesuai dengan keadaan dan keadaan peristiwa yang menyertainya tentu menjadi sangat mendarah daging dan mengakar di hati penerima wahyu Muhammad. Dalam pengertian ini turunnya malaikat ke arahnya lebih intens (di atas segalanya) dan tentunya berdampak psikologis padanya; Antusiasmenya untuk mengimplementasikan risalah Allah diperbarui. Dia tentu saja sangat senang yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Maka waktu yang paling baik adalah seringnya bertemu antara dia dan Jibril selama bulan Ramadhan.

2. Untuk menantang orang-orang kafir yang mengingkari Qur’an karena menurut mereka aneh

Ketika kitab suci secara bertahap terungkap. Oleh karena itu Allah menantangnya bahwa hanya satu huruf yang dapat dibandingkan dengannya (tidak boleh lebih) kamu tidak bisa.

3. Supaya mudah dihapal dan dipahami.

Karena Al-Quran berangsur-angsur menjadi lebih jelas semakin mudah bagi orang untuk mengingat dan memahaminya. Terutama mereka yang tidak bisa membaca dan menulis seperti orang Arab pada masa itu. Perlahan-lahan Alquran diturunkan dan itu membantu saya untuk mengingat dan memahami ayat-ayatnya. Memang ayat-ayat Alquran yang diturunkan para sahabat segera dipelajari secara verbatim dipahami maknanya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah mengapa Umar bin Khattab pernah berkata:

BACA JUGA :  Pembangunan Ka’bah

Mempelajari Al Quran lima ayat lima ayat. Karena Jibril pernah membawa lima juzuk al-Quran kepada Nabi semoga Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian. (Dilaporkan oleh Behaki)

Oleh : Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu

Check Also

Ghoorib.com | Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam. Pada hari yang penuh …

8 comments

  1. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you. https://accounts.binance.com/en/register-person?ref=P9L9FQKY

  2. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    Real fantastic visual appeal on this internet site, I’d rate it 10 10.

  3. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is attractive, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

  4. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    Oh my goodness! an incredible article dude. Thanks However I’m experiencing challenge with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting an identical rss drawback? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

  5. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    It is actually a great and helpful piece of info. I’m satisfied that you simply shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  6. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    you could have an awesome weblog right here! would you like to make some invite posts on my weblog?

  7. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    What is FlowForce Max? FlowForce Max Advanced Formula is a holistic blend designed to promote optimal prostate health

  8. Ghoorib.com | Hikmah Turunnya Al Qur’an yang Berangsur-angsur

    What Is Exactly ZenCortex? ZenCortex is an optimal hearing function support

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *